• Jam Buka Toko: 08.00 WIB s/d 16.00 WIB
  • Status Order
  • SMS/WA: 081574275758
  • Line : @ebatiku
  • BBM : D14097C7
  • ebatiku01@gmail.com
Terpopuler:

Tips Memantapkan Hati Berhijab Syar’i

02 January 2016 - Kategori Blog

Dalam agama islam, perintah untuk berjilbab adalah sebuah kewajiban yang sudah jelas tertera dalam al-Qur’an. Cara pemakaian dan bagaimana kriteria jilbab yang harus dikenakanpun juga dijelaskan didalamnya. Dalam islam, jilbab-jilbab yang sesuai dengan aturan tersebut disebut jilbab syar’i. Yaitu, jilbab yang sesuai dengan aturan yang ada.

Dewasa ini, ada banyak sekali model-model jilbab  yang beredar dipasaran dengan menawarkan sejuta kreasi, model, bentuk serta warna-warna menarik. Yang perlu anda perhatikan disini adalah, bagaimana anda bisa memilih dan bisa tampil cantik dengan jilbab yang syar’i, yaitu jilbab yang sesuai aturan agama Allah Subhanallahu wa ta’alla.

Sebelum membahas tentang tips memantapkan hati berhijab syar’i, tidak ada salahnya membahas panduan untuk Anda dalam memilih bahan, model dan ketentuan-ketentuan syar’i yang diharapkan dapat menambah wawasan Anda.

Dan berikut adalah tips memilih jilbab dan tampil cantik dengan jilbab yang syar’i:

Panjang dan Lebar

Jilbab syar’i biasanya memili panjang sampai menutup tangan dan lebar sampai mampu menutup tubuh bagian atas sampai keperut. Dengan berjilbab syar’i seperti ini, kita akan tetap terlihat anggun dan nyaman serta terlindungi dari hal-hal yang membuat banyak kemudhorotan.

Tebal dan simple

Agar bisa tampil cantik walau menggunakan jilbab syar’i sebenarnya bukanlah tujuan dari berhijab itu sendiri. Jika masih ada sedikit saja niatan dalam hati untuk mendapat perhatian dari orang lain, kita harus mulai memperbaiki kembali niat kita berhijab untuk apa? Syarat jilbab syar’i adalah kesederhanaan dan tidak transparan. Bahan jilbab yang tebal dan nyaman seperti katun, satin sutra yang lembut, dan rawis yang tebal bisa menjadi pilihan yang tepat. Namun, jika anda memilih untuk menggunakan jilbab syar’i yang langsung jadi, usahakan untuk memilih dengan tepat. Hindari jilbab yang terbuat dari kain spandek karena hal tersebut dapat mencetak bentuk tubuh kita. Pasti kita sering melihat bukan hal seperti ini?

Tidak mencolok dan menarik perhatian

Anda bisa memilih bahan-bahan yang memiliki warna lembut dan tidak terlalu banyak motif. Karena jilbab syar’i adalah jilbab yang tidak menarik perhatian orang lain, terlebih orang yang bukan muhrimnya. Namun, jika anda menyukai warna-warna cerah, cobalah untuk memadu padankan jilbab anda dengan pakaian yang cocok agar tidak terlalu mencolok.

Memilih dan menentukan bahan jilbab

Pemilihan bahan jilbab syar’i harus menjadi pertimbangan pertama anda sebelum membeli jilbab. Pasalnya, jilbab yang syar’i harus memenuhi kriteria yang tertera diatas. Tampil cantik dengan hijab syar’i berarti, menjaga diri kita dari hal-hal yang buruk.

Tips memantapkan hati untuk berhijab Syar’i

Jika anda saat ini sedang berhijab namun masih senang memakai pakaian yang ketat, memakai celana jins dan senang membentuk-bentuk model hijab dengan berbagai macam gaya. Berikut adalah beberapa tips untuk mulai melakukan perubahan dengan berhijab syar’i :

Mengganti Fanspage

Jika saat ini anda senang aktif di beberapa sosial media seperti instagram, twitter dan facebook. Anda bisa mengganti fanspage  yang anda follow dari bagaimana cara berhijab yang modern yang menampilkan ribuan tips memakai jilbab, ke sosok inspiratif yang mengenakan hijab syar’i. Tidak bisa dipungkiri, apa yang kita lihat setiap hari pasti kita akan menjadi seperti itu, secara sadar atau tidak.

Sering membaca

Membaca buku-buku atau tulisan yang membuat niat untuk berhijab syar’i semakin kuat juga akan membuat kita semakin tahu apa arti hijab itu sebenanrnya. Beralasan karena tidak tahu ilmunya adalah hal yang sangat naif. Pasalnya, sudah banyak kita temukan tulisan atau buku yang dengan jelas mengajak kita berhijab syar’i.

Lakukan sekarang juga!

Nah jika niatan untuk berhijab syar’i itu sudah ada, maka tidak ada alasan lagi untuk menundanya. Lakukan sekarang juga! jangan ditunda. Jangan risih dengan lingkungan sekitar yang akan membicarakan anda ini dan itu, karena apa yang anda lakukan bukanlah sebuah kesalahan. Right?

, , , ,