• Jam Buka Toko: 08.00 WIB s/d 16.00 WIB
  • Status Order
  • SMS/WA: 081574275758
  • Line : @ebatiku
  • BBM : D14097C7
  • ebatiku01@gmail.com
Terpopuler:

Ciri-Ciri Hijab Yang Benar Menurut Islam

02 September 2015 - Kategori Blog

Tidak semua muslimah tahu cara  berhijab yang baik dan benar menurut islam. Masih banyak sebagian dari mereka yang hanya “ikut-ikutan” memakai jilbabnya. Ada yang menggunakan alasan supaya cantik, tidak ketinggalan jaman, modis dan banyak alasan tidak syar’i lainnya. Padahal, jika kita tahu apa tujuan berhijab itu sebenarnya, kita akan semakin cinta jilbab dan islam yang mengatur semuanya.

Dan berikut adalah ciri-ciri dan cara hijab yang baik dan benar menurut pandangan Islam :

Ciri-ciri dan cara hijab yang benar

Diantara model jilbab dan gaya berjilbab masyarakat modern, kita bisa melihat dari ciri-ciri cara berhijab kita.

Bahan jilbab yg tidak transparan

Seperti yang kita tahu, kriteria jilbab yang baik adalah tertutup. Tertutup disini berarti tidak terlihat dari luar baik secara terang-terangan atau tembus pandang. Banyak sekali jilbab diluar sana yang hanya menawarkan model yang menarik, cantik, unik namun tidak memenuhi kriteria jilbab yang menggunakan kain tebal dan tidak transparan. Padahal, dalam berjilbab yang baik dan benar menurut islam, kain tebal merupakan salah satu syarat penting yang harus diperhatikan.

Tidak banyak style dan modifikasi

Berjilbab yang baik dan benar menurut islam, tidak menuntut jilbab itu harus stylish dan modern. Islam menyuruh kaumnya berjilbab untuk menutup aurot dan agar tidak menarik perhatian kaum lawan jenisnya dengan alasan banyak mudhorotnya. Jilbab yang islami adalah jilbab yang sederhana dan tidak banyak modifikasi serta ribet saat memakai hijab.

Panjang menutup dada

Jilbab yang baik dan benar menurut islam adalah jilbab yang panjang menutup dada. Seperti yang di jelaskan dalam al-Qur’an di surat An-Nur ayat 31.

Katakanlah kepada wanita yang beriman: “Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) Nampak dari padanya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung kedadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putera-putera mereka, atau putera-putera suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putera-putera saudara lelaki mereka, atau putera-putera saudara perempuan mereka, atau wanita-wanita Islam, atau  budak-budak yang mereka miliki, atau pelayan-pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan (terhadap wanita) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat wanita. Dan janganlah mereka memukulkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung.” (24-31)

Longgar dan tidak ketat

Tujuan berhijab dalam islam adalah menutup tubuh bukan membungkus tubuh. Kriteria pakaian dan jilbab yang digunakan haruslah longgar dan tidak ketat. Jika pakaian yang dipakai panjang tapi ketat, sama saja kita tidak menutup tubuh, tapi hanya membungkusnya.

Tidak glamour dengan enggak mencolok

Pemilihan pakaian atau jilbab yang baik secara islam juga haruslah diperhatikan. Jilbab yang memiliki warna mencolok akan tetap membuat orang tertarik untuk melihat kita. Jika ingin dilihat dari luar agar kita cantik di depan orang banyak, tentu kita harus membenahi niat kita untuk berjilbab kembali. Selain itu, tidak glamour dengan menggunakan aksesoris-aksesoris hijab juga merupakan salah satu ciri jilbab yang baik secara islami. Yang sederhana saja.

Dan berikut adalah beberapa cara memilih pakaian atau jilbab yang baik untuk memenuhi kriteria yang islam ajarkan :

  • Busana/jilbab hendaklah berwarna lembut serta enggak mencolok
  • Mempunyai bahan yang nyaman di pakai
  • Kain tebal dan lebar maupun panjang
  • Tidak ketat, seperti kebanyakan jilbab sekarang, meskipun panjang namun tetap bisa memperlihatkan bentuk tubuh
  • Terbuat dari kain yang tidak melar dan tidak elastis
  • Mudah dikenakan serta tidak ribet
  • Mempunyai panjang hingga pergelangan tangan

Tak seperti punuk unta

Ciri lain hijab yang baik dan benar menurut islam adalah, tidak membentuk punuk unta saat mengenakan jilbab. Jika rambut anda panjang, hendaknya di kuncir di bagian bawah dekat leher saja, bukan di cepol diatas yang membentuk gundukan. Mungkin untuk sebagian orang menggunakan gundukan dibelakang kepala akan terlihat bagus saat berjilbab. Namun, hal tersebut tidak disarankan dalam islam.

Semoga artike ini menginspirasi anda untuk memenuhi kriteria berjilbab yang bagus serta benar berdasarkan Islam, InsyaAllah.

 

,